Woensdag 12 Junie 2013

It was beyond expectation! Bener-bener melebihi harapan saya. Ternyata underwater life di Pulau Tunda kereeeen!!!

Awalnya ketika mb Nita ngajak, saya bertekad ikut karena mau ngelancarin bouyancy dan belajar motret UW. Masih penasaran sama bouyancy saya soalnya, udah gitu gemes banget karena 10x diving, hasil foto UWnya ngga berhasil2 mulu...brrr gemessss!!! So, ikutlah saya di trip yang diadain ma Planet Diving ini.

family pic:)

Sabtu, 12 April 08, saya, Arin, Alice, Betsi, Abi, Nita, Erykah, Mimin, dan satu-satunya-arjuna-yang-mo-nyoba-discover-dive-Timmi, ditemani Firman dan Roni dari planet diving, brangkat lah kita menuju Balaraja-Banten. Belum sampe di Balaraja aja ujan udah turun. Begitu Kita naik kapal menuju Pulau Tunda pun, hujan gerimis masih turun konstan! Duuuh...udah H2C aja nih. Udara dingin ngga ketulungan, takut ntar ada ombak, ada arus, air butek, visibility jelek, yaaa...sutralah, terima nasib aja! Saya udah nyiapin diri ngga akan ngedapetin diving yang menyenangkan. Mana 1,5 jam saya harus nahan pipis pula...kacau deh!

Tapi anehnya....Begitu kami udah siap-siap mau turun di diving pertama, ujan mendadak berenti! YES!!! Setidaknya ga gtu keujuanan meski akhirnya ntar kebasahan juga sih:P Karena tnyata temen-temen yang lain jg pada kebelet pipis, hasilnya...langsung lah kita semua nyebur buat pipis dulu:P hihihihi...toilet luas, gratis pula, harus dmanfaatin dong:D Selese pipis, barulah kami dive. Wah gila! Tnyata pesimis saya tidak tercapai!:D Visibility saat itu bagus bgt! Udara dingin pun ngga kerasa, suhu dibawah, 29-30 C. Ah...saya senang bgt!! Saya berbuddy dengan Arin, teman setia dalam urusan kecemasan di bawah laut:P Kita santai aja divingnya, penyesuaian dulu, maklum sama-sama masih baru;) Kita turun pun pegangan tangan, biar descentnya makin mantap!:D Ngeliat ikan sliweran, hard coral dimana-mana, bkin diving saya jadi rilex banget. Ngga mau ngelewatin pelajaran foto bawah laut, lgsg dong semua angle saya jepret!



Berkali-kali nengok ke Arin, aman...dia ngasih signal OK. Lanjut lagi diving, sampe akhirnya saya untuk pertama kalinya ngerasa bener-bener bisa ngontrol diri. Liat mbak Erykah dan Timmi di depan, saya makin ngerasa aman, trus nengok ke bawah ada Mbak Betsi dan Abi. Mereka semua baik-baik aja. Di ujung depan ada Firman yang berkali-kali juga nengok ke belakang, ngecek smuanya. Sampai di satu momen, saya ngga ngerasa ngeliat fins pink yangkalodidalamairnggakeliatanpink-nya mbak Nita. Saya liat Alice kok sendiri. Berkali-kali saya cek, kok mbak nita ngga ada. Dalam hati udah cemas, berharap mbak nita bae2 aja. Alice kasih tanda, ktnya buddy dia ngga ada. Wah...pasti terjadi sesuatu ma mb nita! Moga-moga dia gpp. Lewat 30-40 menit, tiba-tiba Arin ngasih signal klo udara dia tinggal 70 bar. Saya kaget! Kok bisa abis cepet? Saya masih ada skitar 110-an bar. Saya suruh dia mendekati Firman yang emang ga jauh dari kami. Akhirnya kami maen colek-colekan ke firman. Begitu Arin diambil alih ma firman, saya berusaha diving lagi dengan tenang, liat-liat ikan. Ikutan mbak Erykah motret Nudi, diajak Betsi motret lion fish, jepret sana-sini, pokoknya jepret dan jepret!:P

Lion fish Nudi Anemon fish Bunga-bunga di laut

Saya liat lagi ke depan nyari Arin, ternyata dia udah buddy breathing ma Firman. Hihihi saya sempet ketawa kecil yang akhirnya ngebikin saya jadi batuk-batuk ngeliat mereka pelukan berdua...aiiih...mesranya:P
Oia, saya juga sempet berkali-kali liat mas Timmi yang lagi nyoba discover dive. Tapi dia ada jauh diatas saya. Keliatannya sih dia bae-bae aja. Menit ke 47 saya udah ada di permukaan. Arin udah lebih dulu berada di permukaan. Mendekati kapal, saya tanya keadaan mbak nita. Ternyata dia mengalami vertigo karena oksigennya bau. Emang bau sih, nusuk bgt!

Sambil istirahat, kami makan dari nasi kotak yang udah disediain PD. Ngobrol macem-macem tentang diving dsb. ini dia yang aneh...begitu kami istirahat, ujan sempet turun. Tapi sebentar, karena begitu kami turun lagi untuk diving ke-2, ujan berenti. Wah seperti emang Tuhan memberkati perjalanan kami:)

Di diving ke-2, air terlihat hijau. Turun di 3-5 meter, visibility jelek bgt! Saya dan Arin kami coba berhati-hati menyesuaikan diri. Sempet agak cemas dan ngga mau saling berjauhan karena visibility jelek bgt! Tapi begitu turun lebih dalam lagi, visibility makin jelas...fiuuh....untung lah! Tapi tetap, saya ngga mau berjauh-jauh dari rombongan:P saya liat di depan ada mbak Erykah & mbak Mimin, di belakang ada mbak Betsi & Abi. Ngga berapa lama kemudian muncul lah Timmi dan Roni sebagai guardian angelnya:D Saya ketahui lebih lanjut ternyata Timmi bener-bener ngga mau rugi oksigen! Disuruh naik berkali-kali sama Roni, ternyata malah bandel tetep mau ada di dalem. Hehehehe susah melepas rindu ma laut ya Tim?;) Tapi saya salut sama dia, dia udah keliatan rilex dan nyaman, bouyancynya jg dah ok! Perasaan excitednya dah ngalahin ketakutan & keminiman ilmunya. Hebat nih Timmi!!^_^Dari awal saya turun, saya masih liat Alice bermasalah dengan regulatornya, entah ada apa, spertinya regulatornya bocor, jadi begitu kami turun, saya tidak melihat dia ikutan turun. Tapi tenang...dia udah di 'jaga' ma Firman;) Mbak Nita pun kali ini udah memberanikan turun lagi, meski di diving pertama sempet terkena vertigo. Diving kali ini menurut saya tidak sebagus diving pertama, sempet ada arus dingin sebentar. Usaha saya belajar motret pun agak terhambat karena hijaunya air dan saya yang agak terburu-buru. Entah knp ya terburu-buru...padahal sih ngga ada yg ngejar:p Cukup sekitar 48 menit saya mengakhiri diving di hari itu. Masih dengan perasaan senang, tapi tampaknya senang yang saya rasakan tidak bisa ngalahin rasa senang mas Timmi^^ Hehehe iya! Dari raut mukanya dia keliatan senang bukan main!!! Kayak anak kecil yang baru diajak ke toko maenan lah pokoknya...

Diver buddy


Bener-bener pengalaman yang menyenangkan! Saya akhirnya bisa memperlancar bouyancy dan jepret-jepret UW. Dan ini lah hasilnya...hihihi maaf ya kalo beberapa diantaranya masih blur dan blm fokus:D Maklum...masih belajar dan amatir banget!!!Terima kasih buat teman-teman baruku...^_^

0 opmerkings :

Plaas 'n opmerking