Sondag, 26 Mei 2013

Ingin menikmati liburan di pantai yang indah tapi tak harus jauh dari Jabodetabek? Tak perlu khawatir, Pulau Tunda Banten Bisa menjadi pilihan. Dimana itu Pulau tunda?

Pulau Tunda merupakan sebuah pulau di utara Teluk Banten yang masuk wilayah Kabupaten Serang, Banten. Pulau tunda merupakan batas paling utara provinsi Banten. Pulaunya memanjang.
Untuk menuju ke Pulau Tunda hanya bisa dengan menggunakan kapal nelayan atau sewa kapal dari dermaga karang Hantu. Diperlukan waktu 1 -2 jam menggunakan perahu yang merupakan satu-satunya angkutan atau transportasi menuju Pulau Tunda.

Pulau Tunda memiliki luas sekitar 300 hektare dengan jumlah penduduk Pulau Tunda mencapai 3000 orang pada tahun 2007 ini hanya punya satu desa, yakni Desa Wargasara. Di Pulau Tunda mata pencariannya mengandalkan penghasilan laut. Karenanya, hampir seluruh warga Pulau Tunda merupakan nelayan.

Pulau Tunda atau Postpone Island ini sebenarnya sudah di kenal di kalangan pecinta snorkeling dan diving serta mereka para backpaker. Pulau tunda sebenarnya sangat dekat dengan kawasan pulau seribu di Jakarta, hanya butuh 1 jam dengan kapal untuk menuju ke pulau tidung.

Walaupun  merupakan sebuah daerah terpencil, Pulau Tunda memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, Pantai Tunda ini layak dimasukan kedalam salah satu list tempat wisata yang harus di kunjungi di Banten.

Ya.. Jarak merupakan alasan utama untuk wisata ke Pulau Tunda di Serang Banten. Alasan lainnya untuk berwisata ke Pulau Tunda karena Pulau Tunda memiliki taman bawah laut yang luar biasa. Dan tentu saja kondisi di Pulau ini cukup nyaman karena penduduk masih sedikit dan sepi karena belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan Pulau Tunda.
Bagi yang berencana wisata atau berlibur ke Pulau Tunda ini.  Berikut ini beberapa hal yang bisa di nikmati ketika wisata ke Pulau Tunda

1. Snorkeling dan diving menikmati taman bawah laut yang luar biasa

Pulau Tunda memiliki keindahan bawah lautnya masih alami. Pulau Tunda di kelilingi dengan terumbu karang yang sangat beragam, umumnya banyak di temui karang dengan tipe Pertumbuhan Karang Tepi atau Fringing Reef. Terumbu karang tumbuh di kedalaman dangkal saja sekitar 1-10 meter.

Terumbu luasan terumbu karang di Pulau Tunda banyak terdapat di bagian utara, hal ini karena bagian selatan banyak aktivitas manusia. Sedangkan di bagian timur hingga tenggara Pulau Tunda memiliki kondisi arus yang cukup besar sehingga di bagian timur hingga tenggara Pulau Tunda terkenal dengan Drift Diving-nya. Pohon Mangrove juga ditemukan cukup padat di bagian selatan hingga timur.
Karena Pulau tunda memiliki keindahan bawah lautnya masih alami, maka banyak terdapat spot-spot snorkeling dan Diving. Bagi  para pecinta snorkeling dan diving Pulau Tunda bisa jadi pilihan.

2. Berburu Lumba-lumba di Pulau Tunda

Selain snorkeling dan diving, di Pulau Tunda juga kita bisa berburu lumba-lumba untuk melihat lompatan dan liukannya yang indah. Ya.. karena menurut cerita, pulau ini merupakan lintasan lumba-lumba. Jadi kemungkinan besar ketemu lumba-lumba itu sangat besar.

3. Mancing di Pulau tunda

Pulau Tunda yang memiliki keindahan bawah lautnya masih alami tentunya terdapat banyak ikan. Tak heran banyak yang hobi memancing banyak yang penasaran dan tertarik untuk ke Pulau ini.

4. Menikmati Sunset dan Sunrise di Dermaga

Oleh karena pulaunya yang masih sangat alami dan sepi. Tentu saja menikmati keindahan alam di sekitar pulau ini tak boleh di lewatkan. Hal yang biasa dilakukan adalah berburu  sunset dan sunrise, tempat yang paling menarik adalah di dermaga Pulau Tunda.


Agar tidak tertunda ke Pulau Tunda, banyak yang bertanya bagaimana cara menuju Pulau Tunda? Bagaimana angkutan menuju Pulau Tunda. Sebenarnya sederhana dari Jakarta tinggal menuju serang banten tepatnya ke Darmaga Karang Hantu kemudian naik kapal menuju ke Pulau Tunda.

Dari Jakarta menuju serang bisa via Tol atau Non Tol. Untuk Tol, dari Jakarta menuju Serang dapat melalui Tol Jakarta- Merak kemudian keluar di pintu Tol Serang Timur.

Jika menggunakan angkutan umum bisa dari terminal Kampung Rambutan, Kalideres dan Tanjung Priuk, atau bisa juga menunggu di Slipi Jaya di Sebrang Rumah sakit Harapan kita. Dari sana kita naik Bus menuju Merak tapi turun di terminal Pakupatan Serang.

Ongkos Bisnya berbeda-beda, jika ingin lebih murah bisa naik Murni atau Asli, tapi biasanya hanya dari Kali Deres. Jika naik Arimbi atau primajasa sekitar 17 ribu dihari biasa untuk AC, itu dari Kampung rambutan dan Pulo Gadung.

Seperti yang sudah di Jelaskan diatas,  selain Tol bisa Juga jalur non TOL. Biasanya menggunakan Menggunakan Motor menuju Serang melalui Tangerang terlebih dahulu. Perjalan ke Serang menempuh waktu kurang lebih 2 -3 jam dengan kecepatan rata – rata 60 KM/Jam dan tidak terlalu banyak berhenti.
Dari Jakarta bisa ke jalan Daan mogot Jakarta Barat. Setelah di Jalan Daan Mogot Kita bisa menuju tangerang kota ( pemeritahan Kota tangerang). Setelah sampai di Tangerang kota kemudian mencari arah yang Cimone, di jalan ini agak ribet karena kita harus muter terlebih dahulu ke dalam kotanya.

Setelah sampai cimone, bisa menuju ke Cikupa Kabupaten Tangerang. Dari Cikupa perjalanan berlanjut menuju balaraja kemudian ke Cikande. Sepanjang jalan Cimone menuju cikande ini harus berhati-hati karena kita akan menemui banyak kendaraan besar pengangkut barang dari pabrik – pabrik dengan kapasisitas besar. Setelah sampai cikande, perjalanan berlanjut ke Serang Banten.

Jika menggunakan angkutan umum, dari Terminal Pakupatan Serang, kita naik angkutan umum menuju ke Pelabuhan Karangantu tarif nya cuman Rp. 3.000,-. Untuk yang membawa mobil pribadi atau kendaraan sendiri ke pulau tunda bisa melihat peta di bawah ini

Dari Karangantu ke  Pulau Tunda bisa menggunakan  kapal umum KM Tunda rute Karangantu – Pulau Tunda dengan tarif Rp. 15.000,-  untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk pelajar. Jadwal kapal dari Pelabuhan Karang Hantu ke Pulau Tunda, sekitar pukul 13.00 WIB, sedangkan jadwal kapal dari Pulau Tunda ke Pelabuhan Karang Hantu, pukul 07.00 WIB.

0 opmerkings :

Plaas 'n opmerking